Selasa, 04 Mei 2010

Menikmati Kopi Tubruk


Aku termasuk penggemar kopi. Sajian yang paling sering aku nikmati kopi tubruk hitam. Ragam merek tak menjadi soal. "Yang penting kopi kopi hitam, bung!" Kata sebuah ajakan iklan. Entah karena apa dan sejak kapan aku mulai menggemarinya. Aku tak mampu mengingatnya kembali. Bila tak ngopi barang satu kali dalam sehari, seperti ada yang hilang. Ahhh ... itu kan hanya perasaanku saja.

Anganku langsung melambung jauh ke delapan belas tahun silam. Sebuah merek kopi lokal di kota asalku, Purworejo. Kopi cap Munthu, kemasan kopi dengan kertas sampul buku warna coklat. Aku sering melihat kerabat dan tetangga menyeduh saat 'sambatan'.

****

Waktu paling nikmat ngopi bagiku pagi hari, sekitar jam delapan. Ngopi sambil menggali gagasan dan diskusi kecil dengan teman sekantor. Di kantor biasa minum kapal api. Sruputtttt ... Hemmm ... Nikmat!

Oh ya, di Bogor ada dua jenis kopi yang sering aku nikmati. Kopi cap Piala, Kopi Liong Bulan. Masing-masing sangat mudah di beli di warung-warung di sekitar rumah tinggalku. Harga cukup seribu perak.

Tips mendapatkan aroma dan cita rasa kopi tubruk enak :
1. Beli kopi hitam yang kita sukai,
2. Masak air sampai betul-betul mendidih,
3. Celupkan mug/ gelas bergagang ke dalam air mendidih sekitar sepuluh detik, angkat dan tiriskan.
4. Masukan kopi dalam mug/ gelas,
5. Tambah gula secukupnya bila kurang manis,
6. Seduh dengan air yang benar-benar mendidih, aduk hingga merata,tutup dengan rapat,
7. Sajikan.

Selamat menikmati kopi dan gali ide gila.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasi untuk dukungannya ya... bisa join official fanpage kami di facebook? http://www.facebook.com/pages/Kopi-Bubuk-Cap-Liong-Bulan/125271780816692

terima kasih!

suparno jumar mengatakan...

terima kasih kembali atas kunjungan dan undangannya. sukses untuk kopi liong bulan ... mari ngopi hmmmmm ... sruputttt ...