Sabtu, 11 Oktober 2008

Sekolah dan Bekerja

Sekolah yang terletak di bilangan Kelapa Gading Barat, Komplek Angkatan Laut Sunter Jakarta Utara adalah Sekolah milik Yayasan Angkatan laut, SMA BAHARIWAN 45 yang ku pilih setelah sebelumnya aku gagal beradaptasi dengan Sekolah Malam "YASPRI 2" di sisi timur terminal bis Pulogadung. Sekolah ini aku tinggalkan pas test semesteran pertama kelas satu. Aku kecewa, seharusnya teman-teman yang dewasa tidak selayaknya di kelas selalu bercanda, tetapi belajar sunggu-sungguh agar segalanya di sekolah ini tak sia-sia. Tapi apa lacur, aku tak sanggup menghadapi ini, karena aku ingin belajar sungguh-sungguh.

Di SMA Bahariwan aku aktif di Osis, sebagai ketua KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Teman-temanku yang ku ingat adalah Muhammad Nur, Fauzan Amin, Sandi Fabanyo, Nini Adelina Tanamal, Viska Widyastuti, Orphalina Bebena, siapa lagi ya? Buanyak banget....
Guru-guruku : Pak Bambang, Pak Agus ST, Pak Untung Kalimantoro (guru komputer), Pak Siahaan, dan banyalka lagi.........

Waktu itu aku masih bekerja jadi 'cleaning service' di Pt. Enseval, Jalan Jend. Soeprapto, Jakarta Pusat.
Suatu ketika aku menghadap Pak Harno, seorang Bosku. Aku utarakan niat untuk sekolah pagi, dengan alasan agar aku bisa konsen belajar sungguh-sungguh. Beliau memahami niatku yang ingin sekolah.
Beberapa hari kemudian aku sudah di mutasi ke pekerjaan malam, masih di profesi yang sama di satu Grup Pt. Enseval. Tempat kerja baruku RS. Mitra Keluarga, Jatinegara.
Resikonya aku harus sungguh-sungguh bisa mengatur waktu agar aku tak drop, hal ini sempat di khawatirkan oleh saudara-saudaraku sepupu. Aku yakinkan bahwa aku bisa.
Melihat kesungguhanku ini, Pak Redjo Ranumarto, famili satu desa di Purworejo, menawariku untuk tinggal bersama keluarganya. Pertimbangan beliau adalah agar aku bisa tenang belajar, Maklum di tempat tinggal Kakak sepupuku cukup ramai oleh anak-anak dan 'termasuk padat penghuni'.
Beliau memberi pesan agar aku tahu diri, karena aku adalah 'numpang hidup'. Aku faham yang beliau maksud. Di rumah ini ada Pak Redjo Ranumarto dan Ibu Aminah, yang memiliki putra sulung Mas Darmawan Supratisto (sudah lulus IPB Ilmu Tanah, tahun 1990), Putri ke dua Mbak Tuti Kurniati (kala itu masih kuliah di Kedokteran UNPAD, Bandung), putri sulung Mbak Tri Wahyuningsih (kala itu masih kuliah di Tekhnik Elektro, UI Jakarta). Mbak Wagiyem sepupuku, Mbak Nani (Keponakan Pak Redjo), dan 4 Anak kost (Indra dari Cirebon kuliah di Univ. Jayabaya, Chandra dari Surabaya kuliah di STIE IBI, Yance dari Manado kuliah di Jayabaya dan Voni dari Jambi kuliah di STIE IBI).
Runtinitas yang aku kerjakan tiap hari adalah, bangun pagi membantu cuci baju, sarapan (wajib), berangkat sekolah (jarak 1,5 km) dengan naik bis, pulang (makan & istirahat), berangkat kerja ke RS. Mitra Keluarga jam 14.00 dengan bis PPD P.38, Masuk jam jam 15.00. Pulang kerja sampai rumah antara pukul 22.30-23.00, belajar dan mengerjakan PR (jika ada), jam 24.00 istirahat. Ini kulalui Senin-Sabtu. Hari Sabtu libur kerja, siang les Komputer di sekolahan (WS, Lotus 123), Hari Minggu pagi bersih-bersih rumah bersama (kadang bersihkan tangki air tower), antar belanja Ibu ke pasar Cempaka Putih. Minggu siang Masuk kerja....
Ini semua aku lakukan karena aku sadar, aku anak orang tak mampu, yang ingin maju di kehidupan kelak, salah satu caranya dengan belajar di sekolah formal. Walau sejatinya belajar bisa dari siapapun, kapanpun, di manapun.

Kadang aku berfikir, betapa beruntung aku. Karena di luar sana banyak anak tak bisa sekolah karena tak ada biaya, tak ada akses untuk belajar & bekerja.
Pergaulan di sekolah dan tempat kerja serta bimbingan Bapak & Ibu Redjo, sangat membantu hingga kini.

Tak kan kulupa jasa-jasamu, Keluarga Pak Redjo, Keluarga Mas Djemah, Mas Ahmad (tetangga di Cempaka Putih Timur, orang Kutoarjo).
Mbak Wagiyem yang menyuratiku untuk merantau, Mas Sarman yang mengantarku, Mbah Katodisono (alm), Ibu & adik-adikku yang kuat hidup sepeninggak almarhum Bapak Jumar Kartosomo, Bapak Kartosomo, Bulek-Paklik, Pakdhe-Budheku, Mas Bonari & Keluarga, Mas Wondo, Mbah Harni, Pak Suharno dan teman-temanyang memberikan spirit di RS. Mitra Keluarga.
Masih banyak lagi yang bisa kusebut satu-satu.
Semoga Allah SWT membalas kebaikan Anda semua........

3 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]adobe acrobat pro 9 free training, [url=http://firgonbares.net/]windows vista reviews[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] macromedia flash player software for adobe acrobat 9 pro mac
cheap microsoft office 2008 for [url=http://firgonbares.net/]cheap office software[/url] online shops software
[url=http://firgonbares.net/]buy dreamwever[/url] to purchase computer software
[url=http://firgonbares.net/]microsoft virtual software[/url] field sales software
download nero 9 [url=http://firgonbares.net/]anti virus software to buy[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]autocad 3d tutorials, [url=http://sunkomutors.net/]how do i convert acdsee art files to jpeg files[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] microsoft projects software free adobe photoshop cs3 download
microsoft mobile software [url=http://sunkomutors.net/]but cheap software[/url] educational software from
[url=http://sunkomutors.net/]adobe macromedia software[/url] windows xp activation bypass
[url=http://sunkomutors.net/]college software discount[/url] used software for sale
quarkxpress tutorials [url=http://sunkomutors.net/]store softwares[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]student discount softwares, [url=http://sunkomutors.net/]nero dmc[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] buy cheap software reviews try before you buy software
software for orders [url=http://sunkomutors.net/]8 Mac[/url] discount adobe software
[url=http://sunkomutors.net/]nero coupon[/url] software for reselling
[url=http://sunkomutors.net/]online order form software[/url] xp professional oem software
software at discount [url=http://sunkomutors.net/]filemaker pro apple version 9 downloads[/b]